Blog Praktek servis printer & Pendidikan

Sharing Printer Biasa Menjadi Luar Biasa

Sahring Printer Biasa yang belum dilengkapi wifi bisa juga dipakai Satu untuk semua pemakai tanpa harus Memiliki Printer Mahal

Printer merupakan sebuah alat output komputer, yang sudah tidak asing lagi dan sudah kita kenal printer merupakan alat untuk mencetak sebuah dokumen dari komputer maka dari itu printer disebuat alat Out put komputer. Dilihat dari harga printer mulai 500rban sampai jutaan tergantung tipe atau kelebihan dari sebuah printer tersebut. 

Berdasarkan jenis koneksinya printer ada dua macam yaitu koneksi kabel dan ada juga koneksi Kabel,Non kabel. Koneksi kabel ( printer yang hanya dilengkapi kabel data saja), ada juga kabel dan non kabel ( kabel data dan wifi ) Mungkin dengan harga 2jt keatas sudah tertanam dari pabrikan pakai koneksi non kabel sebut saja printer Wifi,bluetooth, pasti sobat juga tahu apa fungsinya dan apa kelebihannya dari sebuah printer Wireless/wifi koneksi tersebut, saya sebut saja sharing. Nah bagaimana jika Printer yang kita miliki hanyalah printer biasa atau printer di bawah satu juta, misalnya seperti canon 2770, epson t13, t11, t20, Hp,dll. 

Bagi sobat Jangan berkecil hati melihat perkembangan jaman sekarang ini, dengan printer biasa yang kita miliki itu sebenarnya bisa jadi printer luar biasa dan bisa membandingi printer yang diatas harga dua juta yang super luar biasa. 

Printer biasa yang belum dilengkapi wireless sebenarnya bisa dipakai untuk sharing printer. dapat digunakan oleh beberapa komputer bersama-sama dalam satu jaringan LAN atau Wifi. Share Printer sekarang sudah banyak pengguna mulai dari kantor-kantor,Sekolah, Bank, Pabrik, Warnet maupun Rental Komputer, selain menghemat harga printer dan jumlah printer juga dapat menghemat ruangan, coba kita bayangkan di kantor kita punya banyak komputer/leptop tapi Printer cuman ada satu, berarti kita butuh melakukan share printer tersebut supaya semuanya bisa memakai printer tanpa harus menunggu colokan kabel printer. dengan menggunakan Sahring Printer Biasa yang belum dilengkapi wifi ini akan banyak menghemat uang, ruang, dan waktu.

Yang harus dipersiapkan untuk share printer sebagai berikut :

1. Dibutuhkan dua komputer atau lebih yang terhubung dengan sebuah jaringan LAN,Wifi yang 
    sama;
    -  Satu komputer terhubung langsung dengan printer (Komputer Master)
    -  Satu komputer atau lebih yang tidak ada printernya (Komputer Client)
2. Printer yang saya pakai Epson T13
3. Driver Printer sesuai printer sobat
4. Sudah Windows.7 

Inilah langkah-langkah cara Sharing Printer Biasa Menjadi Luar Biasa Mari kita uraikan satu persatu :
1. Tahap awal harus sudah terinstal driver printer yang sobat miliki
2. Tahap kedua Pengaturan Jaringan komputer Master dan komputer client
3Tahap tiga Pengaturan share printer pada Komputer Master 
Pada Komputer yang terhubung langsung dengan Printer yang ingin sobat Share haruslah mengatur settingan printer sebagai berikut :

  • Buka Control Panel caranyan : klik  Start kemudian pilih dan buka Devices and printers, pada windows buka Devices and printers.

 Device and Printer
Gambar 1. Device and Printer
  • Akan terlihat printer yang sudah ready dan terhubung dengan komputer sekarang ini, klik kanan printer yang Anda ingin share lalu akan ada pilihan Printer Properties .
Properties Printer
Gambar 2. Properties Printer
  • Lalu akan terbuka Tab Sharing Properties seperti di bawah ini. Silahkan pilih Share, Beri nama sesuka Anda atau biarkan dengan nama yang sudah ada kemudian klik OK. Jika sobat pakai windows Xp akan ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, pilih “Just Enable File and Printer Sharing” dan Klik OK.
 Share Printer
Gambar 3. Share Printer
4. Tahap Empat  Pengaturan pada Komputer Cliens
Setelah pengaturan komputer master selesai Tambahkan printer yang telah di-sharing tadi pada komputer cliens :
- Buka Control Panel melalu Start => Devices and Printers lalu pilih Add a Printer  pilih Add a network, wireless or Bluetooth printer  => Next Seperti gambar dibawah ini :

Add a network, wireless or Bluetooth printer
Gb.4. Add a network, wireless or Bluetooth printer 
- Pada Tampilan Add Printer pilih printer server yang telah di share, kemudian pilih tombol Next => Next => Finish

Add Printer
Gambar 5 . 
- Terakhir pilih tombol Finish , selesai
Share Printer selesai
Gambar 6. Share Printer selesai
Catatan : Bagi sobat pemula akan bingung karena yang diprint tidak keluar-keluar padahal sudah di share, sobat pemula Share Printer Jaringan ini harus dijadikan Printer Deafult supaya setiap Anda print nanti akan ngeprint otomatis ke printer server.

Demikianlah cara Sharing Printer Biasa Menjadi Luar Biasa, semoga tutorial ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. 

1 comment:

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB